Inspirasi yang mengubah kehidupan

Facebook
RSS

Killer Statement !

-
DWI YOGA WIBAWA

Killer Statement
Ada sebuah istilah komunikasi negatif dalam kecerdasan emosional yang disebut killer statement. Apa itu killer statement ? gampangnya, killer statement itu adalah segala bentuk pernyataan yang kita keluarkan, sadar maupun tidak, tetapi melukai dan mampu merusak mental maupun semangat orang lain. Jenis-jenis killer statement ini, tanpa sadar kita dengar setiap hari, atau barang kali tanpa sadar kita keluarkan dengan tujuan bermaksud bercanda, memotivasi, tetapi justru merusak. Nah kalimat-kalimat penusuk jiwa, yang menghasilkan perasaan-perasaan yang netatif pada diriseseorang itulah yang sering kali kita sebut killer statement.

Super Man
Menariknya, sejarah dunia komik pun pernah mencatat akibat buruknya dari killer statement yang pernah diterima oleh dua anak bernama jerry siegel dan joe shuster. Kisahnya begini. Di masa depresi yang melanda Amerika di tahun 1933, jerry siegel mempunyai ide menciptakan seorang tokoh pahlawan anak-anak yang mempunyai kemampuan luar biasa. Tenaganya lebih kuat dari besi, bisa terbang, dan asalnya dari planet lain. Bersama dengan temannya, joe shuster yang pandai melukis maka diciptakanlah untuk pertama kalinya gambar manusia baja tersebut. Gambaran komik manusia super itu tidaklah begitu menarik. Kecaman dan kritikan diterima. Selama enam tahun berturut-turut komiknya pun ditolak sana-sini. Hingga akhirnya, puncak kehancuran mental siegel dan shuster terjadi saat mereka mendengar ada editor dari Detective Comics yang membutuhkan komik strips. Lantas mereka pun mencoba menjual kepada mereka. Namun, saat membuka-buka dan melihat gambar komik mereka, para editor pun tertawa dan berkata, "Wah nggak akan ada bakalan percaya dengan ide komik seperti ini. Gambarnya murahan dan tak mungkin laku dijual". Oleh karena sudah terlalu frustasi dengan penolakan dan kalimat-kalimat yang menghancurkan itu, shuster dan siegel akhirnya sepakat menjual komik serta segala hak ciptanya kepada Detective Comics hanya senilai 130 dolar. Perhatikan baik-baik hanya seharga 130 dolar !. Namun, itulah kesalahan terbesar siegel dan Shuster akibat terlalu mendengarkan killer statement yang diterimanya. Karena beberapa saat setelah komiknya dibeli, karakter komiknya ternyata menjadi pujaan. Anda pasti bisa menebak. Itulah tokoh superman, manusia super krypton dengan kemampuan terbang, penglihatan super, serta kekuatan fisik yang luar biasa. Komik superman menjadi begitu laris hingga difilemkan, karakternya menjadi tokoh idola anak-anak. Sementara shuter dan siegel, penciptanya yang pertama, hanya bisa gigit jari. Tokoh superman menjadi populer dan meraup keuntungan miliaran dolar, tetapi tokoh penciptanya hanya mendaptkan 130 dolar, bahkan hidup dalam hutang dan kemiskinan. Untungnya, di tahun 1975 setelah mendapatkan tekanan bertubi-tubi dari pihak publik yang menganggap DC Comics tidak berperikemanusiaan dengan membiarkan pencipta superman hidup dalam kemiskinan, akhirnya DC Comics sepakat memberikan jaminan finansial. Namun, kalau kita melihat kembali, itulah harga dari sebuah killer statement yang telah menghancurkan karier. Dari kisah dua orang bocah bernama shuster dan siegel. Kisah ini kiranya membuat kita sadar akan bahaya dari killer statement dalam hubungan interpersonal kita.

Ingatlah, jangan sampai potensi dan kemampuan anda dirusak oleh kata-kata dari kalimat orang yang tidak bertanggung jawab. Mereka yang sebenarnya punya masalah dengan diri mereka. Jangan biarkan mereka merusak diri anda. Jangan biarkan mereka mencuri mimpi anda.

2 Responses so far.

  1. Wah..Nice posting gan..
    _

  2. Anonim says:

    Wah penuh perjuangan gan

Leave a Reply